Kasus Cybercrime : Email palsu dari paypal

SALAH satu dari banyak kasus cybercrime yang perlu di angkat dan dianalisis jangan sampai itu terjadi pada Anda. Berikut ini adalah kasusnya :

Semalam saya dapat email dari paypal pemberitahuan limited ada attachements nya karena saya belum begitu paham paypal saya buka attachements. Karena penasaran saya buka daptar paypal di www. paypal.com,waktu daptar isi data termasuk 16 nomor kartu sama 3 angka di belakang kartu kredit. Kmudian saya cek email ada blsan dari se rvice@itl.paypal.com . Apa betul ini dari resmi paypal? Karena saya ragu ini penipuan paginya sayah langsung tutup akun paypal saya. Yg ingin saya tanyakan dengan ada kita kasih 16 angka sma 3 angka dibelakang apa kartu kredit kita aman kalau ini penipuan meskipun Pin sudah saya ganti..?Apa yg mesti saya lakukan supaya kartu kredit saya tidak disalah gunakan?

Sebelumnya saya akan menjelaskan definisi paypal terlebih dahulu :

PayPal adalah salah satu alat pembayaran (Payment procesors) menggunakan internet yang terbanyak digunakan didunia dan teraman. Pengguna internet dapat membeli barang di ebay, lisensi software original, keanggotaan situs, urusan bisnis, mengirim dan menerima donasi/sumbangan, mengirim uang ke pengguna PayPal lain di seluruh dunia.

Oke, sekarang bagaimana mengatasi dan mengetahui apakah email itu benar dari paypal atau tidak. Berikut ini cara untuk mengetasinya :

Berikut adalah 7 cara untuk mendeteksi email PayPal palsu dan melindungi diri dari pancuri identitas
1. Alamat Email Salah
Email terkirim ke alamat email yang bukan merupakan email utama akun PayPal kita. Email ini bisa dipastikan email PayPal palsu.

2. Tautan Tipuan
Setelah kita menekan tautan dan jika tidak dimulai dengan http s://www.paypal.com maka ini adalah tautan palsu. Bahkan walaupun tautan ini terdapat kata PayPal. Frase “https” harus selalu ada pada alamat website yang mengharuskan kita untuk memasukan informasi pribadi.

3. Baris Judul
Pada umumnya email palsu berjudul “Please Restore Your Account Access”

4. Panggilan Umum
Email palsu menggunakan sambutan yang umum, seperti “Dear PayPal member”. PayPal mengetahui nama kita yang digunakan ketika kita mendaftar akun PayPal.

5. Tindakan Harus Dilakukan Sekarang
Beberapa email palsu mencoba menipu dengan seolah-olah keadaan darurat jika kita tidak segera memperbaikinya.

6. Email HTML
Beberapa email terlihat seperti website dengan maksud untuk mendapatkan informasi pribadi kita. PayPal TIDAK PERNAH meminta informasi pribadi melalui email.

7. Tata Bahasa yang Salah
Email palsu menggunakan tata bahasa dan pemilihan kata yang salah. Hal ini mereka gunakan agar lolos terhadap penyaring email.

Beberapa tips singkat:

  • Jika kita menerima email dengan tautan yang meminta untu ditekan atau login ke akun PayPal; Jangan lakukan!
  • Jika kita menerima email yang mirip dengan form masuk ke akun PayPal; Jangan masuk!
  • Jika kita tidak yakin dengan email yang kita terima, kita bisa teruskan ke spoof@pay pal.com dan minta bantuan.

Sumber : http://www.paypalindonesia.com

 

Mau nanya..!! Semalam saya dapat email dari paypal pemberitahuan limited ada attachements nya karena saya belum begitu paham paypal saya buka attachements. Karena penasaran saya buka daptar paypal di www. paypal.com,waktu daptar isi data termasuk 16 nomor kartu sama 3 angka di belakang kartu kredit. Kmudian saya cek email ada blsan dari se rvice@itl.paypal.com . Apa betul ini dari resmi paypal? Karena saya ragu ini penipuan paginya sayah langsung tutup akun paypal saya. Yg ingin saya tanyakan dengan ada kita kasih 16 angka sma 3 angka dibelakang apa kartu kredit kita aman kalau ini penipuan meskipun Pin sudah saya ganti..?Apa yg mesti saya lakukan supaya kartu kredit saya tidak disalah gunakan?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: