Peer to peer dengan Wireless Ad Hoc Network

Jaringan wireless atau nirkabel sangat berguna karena memungkinkan Anda menggunakan komputer Anda dan melakukan koneksi ke internet di mana saja di rumah atau kantor anda. Namun, sebagian besar jaringan nirkabel menggunakan router nirkabel, yang harus dibeli secara terpisah. Jika Anda memiliki lebih dari satu komputer, Anda dapat mengatur jaringan nirkabel tanpa perlu membeli wireless router dan menghemat uang anda sendiri.

Jaringan nirkabel konvensional, yakni router nirkabel misal Linksys WRT54GL DDWRT atau Edimax BR6204Wg berfungsi sebagai base stationt, seperti di banyak base station untuk cordless phones. Semua komunikasi nirkabel melalui router nirkabel, yang memungkinkan komputer terdekat untuk menyambung ke Internet atau ke satu sama lain.

Jaringan nirkabel ad hoc bekerja seperti walkie-talkie, karena komputer berkomunikasi langsung satu sama lainnya. Dengan mengaktifkan Internet Connection Sharing pada salah satu komputer, Anda dapat berbagi akses internet Jaringan ad hoc adalah alternatif pintar untuk menggunakan router nirkabel, tetapi memiliki beberapa kelemahan :

  • Jika komputer yang terhubung ke internet mati atau shut down, semua komputer yang merupakan bagian dari jaringan ad hoc kehilangan akses internet.
  • Untuk menghubungkan ke Internet, satu komputer selalu memerlukan sambungan jaringan kabel.

Ilustrasi

Untuk menghubungkan komputer ke Internet menggunakan jaringan nirkabel ad hoc, ikuti langkah-langkah berikut (dengan konfigurasi di Windows 7) :

a. Buka Open Network dan Sharing Center dan kemudian klik Set Up a new Connection

b. Setelah muncul tampilan Set Up a Connection dan pilih jenis koneksi, karena kita menggunakan koneksi ad hoc.

c. Tentukan Network Name, jenis security

d. Setelah melakukan konfigurasi pada computer(laptop 1) dan kemudian coba pada computer 2(laptop 2) apakah konfigurasi telah berhasil.

Begitulah langkah-langkah membuat koneksi dengan menfaatkan wireless ad hoc, apabila Anda belum paham dengan konfigurasi di atas, jengan sungkan-sungkan untuk bertanya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: