Saatnya sistem operasi berjalan di WEB

Fadli Saldi (http://drfadli.net/ or https://sukamikir.wordpress.com)

BEGITU kompetitifnya persaingan antara vendor pembuatan sistem operasi mulai dari sistem operasi komputer sampai persaingan sistem operasi yang berjalan di mobile. Seperti kita ketahui sistem operasi masih di minati oleh konsumen masih di pegang oleh Microsoft Windows, tapi kini Microsoft tanpaknya sadar diri dan mulai was-was dengan hadirnya beberapa sistem operasi baru yang di kembangkan oleh berbagai vendor mulai dari Mac OS yang di kembangkan oleh Apple Corp, Linux yang dikembangkan beberapa vendor, Solaris OS yang di kembangkan Sun Microsystem, dan kini hadir pula sistem operasi yang sungguh sangat berbeda dengan beberap sistem operasi yang ada karena sistem operasi ini bisa berjalan di Web.

Pada dasarnya sistem operasi adalah perangkat lunaknya sistem yang bertugas mengontrol dan memanajemen perangkat keras yang terhubung ke dalam sistem sehingga perangkat keras tersebut dapat berfungsi. Tujuan dari sistem operasi adalah untuk menyediakan lingkungan dimana user dapat mengeksekusi program yang diinginkan dengan efisien.

Sebuah sistem operasi sama halnya dengan sebuah pemerintahan.  Komponen-komponen seperti hardware, software, dan data.  Sistem operasi menyediakan kemudahan untuk menggunakan berbagai sumberdaya dalam sebuah operasi.  Sama halnya dengan sebuah pemerintahan, sistem operasi tidak bekerja sendirian.  Sistem operasi harus menyediakan sebuah lingkungan yang didalamnya terdapat berbagai program untuk menyelesaikan berbagai pekerjaan.

Gambar 1. Abstraksi Komponen-Komponen Komputer

Tujuan utama sebuah sistem operasi adalah untuk kenyamanan user. Sistem operasi ada untuk lebih memudahkan user mengoperasikan komputer dibanding tanpa sistem operasi.  Tujuan lainnya adalah untuk mengefisienkan operasi sistem komputer.

Dari pembahasan di atas kita dapat menyimpulkan bahwa tanpa sistem operasi maka komputer tidak ada apa-apanya. Di bawah ini banyak vendor pembuatan sistem operasi  yang operasi utama digunakan pada komputer sistem (termasuk PC, komputer personal) dapat dibagi menjadi 3 kelompok besar yaitu :

  • Keluarga Microsoft Windows – yang antara lain terdiri dari Windows Desktop Environment (versi 1.x hingga versi 3.x), Windows 9x (Windows 95, 98, dan Windows ME), dan Windows NT (Windows NT 3.x, Windows NT 4.0, Windows 2000, Windows XP, Windows Server 2003, Windows Vista, Windows 7 (Seven) yang akan dirilis pada tahun 2009, dan Windows Orient yang akan dirilis pada tahun 2014)).
  • Keluarga Unix yang menggunakan antarmuka sistem operasi POSIX, seperti SCO UNIX, keluarga BSD (Berkeley Software Distribution), GNU/Linux, MacOS/X (berbasis kernel BSD yang dimodifikasi, dan dikenal dengan nama Darwin) dan GNU/Hurd.
  • Mac OS, adalah sistem operasi untuk komputer keluaran Apple yang biasa disebut Mac atau Macintosh. Sistem operasi yang terbaru adalah Mac OS X versi 10.4 (Tiger). Awal tahun 2007 direncanakan peluncuran versi 10.5 (Leopard).

Melihat persaingan beberapa sistem operasi yang ada, kini para developer Google  yang sukses dengan aplikasi web browser Google Crome tanpaknya mulai melirik pasar untuk mengembangkan Sistem operasi yang dapat berjalan di web yang nantinya google akan beri nama Crome OS.

Dalam pengumuman blog resmi Google, dikatakan bahwa “Google Chrome OS adalah proyek baru, terpisah dari Android. Google Chrome OS dibuat untuk orang-orang yang menghabiskan banyak waktu di Web, dan dirancang untuk komputer mulai dari Netbook yang kecil sampai sistem desktop besar. kita percaya dengan menyediakan pilihan akan mendorong inovasi bagi keuntungan semua pihak, termasuk Google.”

Sampai sekarang ini para pengguna komputer dan vendor pembuat perangkat keras masih penasaran dengan hadirnya sistem operasi baru ini, bahkan, perusahaan besar ternama seperti Intel, Lenovo, HP, de-el-el sudah menyatakan siap mendukung munculnya OS baru ini.

Di bawah ini beberapa tampilan Google Crome OS apakah benar begini nantinya tampilan Crome OS sebenarnya, kita tinggal menunggu waktu saja.

Gambar 2. Tampilan Crome OS

Kok bisa sistem operasi bisa berjalan di web..?
Perkembangan dunia web juga mengalami persaingan ketat mulai  dari HTML yang beralih ke version 5, dan kini para pengembang pemograman berbasis web mulai mengembangkan pemograman yang oriented object dan mepunyai model MVC.

Banyak pemograman berbasis web mulai beralih ke bahasa yang oriented objeck, contohnya saja ASP.Net, dulunya kita mengenal adalah ASP. Apakah ASP.NET mengadopsi atau melanjutkan pemograman ASP, tentu pihak pengembang Microsoft tentu bilang tidak karena ASP.NET itu di kembangkan dan di tulis ulang dari dasar dan tidak sama sekali melanjutkan dari bahasa ASP.

Bahasa pemograman yang lagi berkembang saat ini dan menjadi trend dalam dunia web yaitu pemograman AJAX.  Kini ajax menghadirkan beberapa framework yang dapat membantu memudahkan seorang developer dalam mengembangkan proyek webnya yaitu framework Jquery, Json, ExtJS. Lain halnya dengan PHP, php juga mengembangkan beberapa framework seperti Codeigniter, CakePHP, Symfony, Zend dan lain sebagainya yang merupakan kumpulan framework yang tercanggih saat ini.

Kembali ke pertanyaan di atas apakah bisa sistem operasi dapat di jalankan di web base, tentu bisa. Setelah saya mempelajari berbagai macam bahasa pemograman web dan mencoba menggunakan framework yang ada mulai dari framework AJAX, maupun framework PHP dapat saya simpulkan ternyata dengan menggunakan framework EXTJS kita dapat membuat sistem operasi kurang lebih seperti eyeOS.

Sistem Operasi di sini tentu berbeda dengan sistem operasi yang di jalankan berbasis Dekstop dan DOS. Tapi sistem operasi ini dapat memudahkan pengguna karena fitur yang ada di dalamnya tidak berbeda jauh dengan fitur yang ada dalam sebuah sistem operasi.

Selain Crome OS, dibawah ini saya mencoba menjelaskan sistem  operasi yang di rancang dengan menggunakan EXTJS yaitu eyeOS, dan fitur aplikasi yang di sajikan tidak begitu banyak tapi sudah mewakili aplikasi yang di butuhkan dalam sebuah sistem operasi yang ada misalnya file management, Office Writer, dan Network.

Untuk mencoba sistem operasi eyeOS, Anda dapat melihat demo sistem operasi ini di alamat http:// http://www.eyeos.info/, dan anda juga dapat menggunakan username : fadli password : saldi, tolong jangan di rubah password karena ini untuk keperluan demo saja.

Gambar 3. Tampilan login eyeOS

Gambar 4. Tampian Utama eyeOS

Apabila dalam menggunakan eyeOS ini terasa lambat di akibatkan karena lemotnya internet Anda, anda dapat juga menggunaka versi offline dengan mendownload aplikasi ini dan menjalankan di web server anda.

Lumayan banyak applikasi yang ada di eyeOs. Anda dapat melihat aplikasi dengan mengklik dua kali menu application.

Gambar 5. Tampilan menu application

Untuk aplikasi office Anda dapat menggunakan eyeDocs (Ms.Word), eyeSheet (Ms. Excel), dan eyePersentation (Ms. PowerPoint), dan anda juga dapat menyimpan dalam format file .doc, .odt, dan .eyedoc. Berikut tampilan aplikasi eyeDoc.

Gambar 6. Tampilan aplikasi eyeDoc

Gambar 7. Tampilan eyeSheets

Banyak aplikasi di eyeOS, sepertinya dalam tahap pengembangan apakah nantinya Crome Os dapat sebagus dari eyeOS dan diharapakan kedepan para pengguna komputer dapat menjadikan Crome OS yang based web dapat menjadi comudity bagi pasar sistem operasi.

Namun, menjadi pertanyaan apakah Google akan sanggup menantang Windows (atau Mac OS X) di Netbook atau device yang lebih besar? Isu kompatibilitas device dan software menjadi penting di sini. Sampai saat nanti di mana Google bisa menawarkan keuntungan nyata Chrome OS dibanding OS lain, sepertinya Chrome OS akan berjuang melalui jalan terjal dan berliku untuk menerima pengakuan sebagai OS yang mumpuni.

Referensi :

3 responses to this post.

  1. Wahhhhh ini dia informasi yang aku tunggu2x……

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: