Teori tentang “Manajemen Basis Data” [1]

Sistem Manajemen Basis Data (SMBD) terdiri atas kumpulan data yang saling berhubungan dan perangkat program untuk mengkases data mengenai suatu perusahaan tertentu. Tujuan utama dari sebuah SMBD adalah untuk memberikan cara yang mudah dan efisien dalam menyimpan dan mendapatkan kembali Informasi Basis Data.

Sistem Basis Data dirancang untuk mengelola sejumlah informasi yang besar. Pengelolaah dan ketentuan tentang mekanisme untuk memanipulasi Informasi. Selain itu, sistem Basis Data harus dapat menjamin keamanan informasi yang tersimpan terhadap kemungkinan terjadi kerusakan sistem atau pengaksesan data oleh pihak yang tidak berwenang. Jika data digunakan secara bersama oleh beberapa pemakai, sistem harus dapat menghindari kemungkinan terjadinya hasil yang menyimpang. Informasi dalam banyak organisasi sangat penting. Begitu juga database. Hal ini menyebabkan berkembangnya banyak sekali konsep dan teknik untuk pengelolaan data yang efesien.

1. Kegunaan Sistem Basis Data

Untuk memahami kegunaan sistem Basis Data ini, akan dijelaskan dengan mengambil contoh yang sederhana dari sistem perbankan. Bank menyimpan informasi mengenai para nasabah dan semua rekening yang disimpan dalam sistem berkas permanen pada Bank ini. Selain itu sistem perbankan ini memiliki program aplikasi untuk keperluan mengolah berkas tersebut, mencakup :

  • Program untuk mendebit dan mengkredit sebuah rekening
  • Program untuk menambah sebuah rekening baru
  • Program untuk mencari saldu dari sebuah rekening
  • Program untuk membuat laporan bulanan.

Program-program aplikasi ini telah dibuah oleh para sistem programmer sesuai dengan apa yang dibutuhkan oleh Bank yang bersangkutan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: